TOKO KUE ONLINE


Rabu, 20 Maret 2013

ROTI MANIS

Saya ini penyuka roti, dan ada sedikit keinginan buat belajar bikin roti.
Tapi kog kayanya repot, mesti pake acara nunggu dulu, sampe adonan mengembang, udah gitu kempeskan lagi adonannya, bentuk, terus nunggu lagi.....
Tapi ternyata rasa penasaran itu lebih besar..
Jadi setelah membulatkan tekad, jadi juga akhirnya buat roti.
Biar sederhana...roti manis tanpa isi, itu yang pertama kali saya buat.
Rotinya lembut...apalagi dimakan saat hangat.
Tapi lembutnya tidak bertahan lama,karena besok harinya ketika aku cek lagi rotinya, sudah agak keras, padahal sudah aku simpan di tempat yang tertutup.
Jadi mikir,kalo roti yang suka aku beli di super market, kog itu bisa lembut dan lembab dalam jangka waktu cukup lama? gimana caranya ya...??



Ini resepnya :

Bahan Kering :
400   gr   Terigu Protein Tinggi
100   gr   Terigu Protein Sedang
100   gr   Gula Pasir
 11   gr    Ragi Instant
1/2  sdt   Pelembut Roti (aku beli di pasar)
 40   gr    Susu bubuk


   2   bh   Telur
200   ml   Air Es
100   gr    Margarine
   6   gr    Garam


Olesan :

50   ml   Susu Cair
 1    bh  Kuning Telur


Taburan

Keju Parut secukupnya


Cara membuatnya :

1. Campur semua bahan kering, aduk rata.
2. Masukkan kuning telur, aduk rata.
3. Tambahkan air es sedikit demi sedikit, sambil uleni terus sampai kalis.
4. Setelah itu, baru masukkan mentega dan garam, sambil terus diuleni sampai elastis.
5. Bulatkan adonan, lalu istirahatkan adonan selama kurang lebih 30 menit, sampai mengembang 2 kali lipat.
6. Timbang adonan masing-masing @ 30 gr, lalu istirahatkan lagi, kira-kira 10 menit.
7. Gilas roti,isi roti (waktu aku buat-aku ga pake isi), istirahatkan lagi selama 30 menit.
8. Oles dengan bahan olesan, lalu tabur keju parut.
9. Panggang dengan suhu 180 derajat selama 20-25 menit.


Note :

1. Lamanya mengistirahatkan adonan tergantung dari cuaca saat kita membuat roti, jika udaranya hangat, maka adonan akan mengembang dengan cepat.
2. Saat mengistirahatkan adonan, aku simpan adonan di baskom plastik dan ditutup dengan lap kain, supaya adonan tidak kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar