TOKO KUE ONLINE


Rabu, 20 Maret 2013

PASTEL TUTUP

Penasaran banget sama penganan yang satu ini.
Dulu waktu aku kecil, kalo Natal, almarhum mamaku sering pesan Pastel Tutup ini.Dan menurutku, rasanya nggak spesial-spesial amat.
Dan ketika akhirnya aku sering googling, dan melihat penampakannya, cantik...banget dan amat menggugah selera...jadi pengen buat.
Nah ini adalah resep campuran yang aku dapat.

Bahan (Topping)

   1   kg   Kentang, kukus, haluskan
   1  sdm  Susu Bubuk
              Merica bubuk secukupnya
              Pala bubuk secukupnya
              Kaldu bubuk secukupnya 
              Garam secukupnya
   1  sdm  Margarine 


Isi :

   2   sdm  Margarine untuk menumis
   4   btr    Bawang Merah
   4   btr    Bawang Putih
   2   btg    Seledri ikat
200    gr    Dada ayam, rebus, potong kotak
   4    bh    Sosis Ayam, iris (aku pake sosis sapi)
100    gr    Wortel, potong kotak kecil, rebus
   2    sdt   Terigu
100     gr    Kacang polong kalengan, tiriskan
   4     lb     Jamur kuping kering, rendam, potong-potong (aku pake jamur kuping yang basah)
 10      gr   Soun, rendam air dingin, potong-potong
1/2    sdt   Kaldu bubuk
1/2    sdt   Pala bubuk
   1    sdt   Gula Pasir
150      ml  Kaldu Ayam (aku pakai sisa rebusan ayam)
1/2    sdm  Susu Kental Manis

Olesan :

1   btr   Kuning Telur
            Keju Cheddar parut secukupnya

Saus sambal secukupnya.


Cara membuat :

1. Isi, tumis bawang merah, bawang putih dan seledri sampai harum. Tambahkan ayam, sosis, wortel, aduk rata.
2. Masukkan tepung terigu, aduk sampai bergumpal. Tambahkan kacang polong, jamur kuping, soun, kaldu ayam bubuk, garam, merica, pala dan gula pasir.
3. Tuang kaldu ayam, aduk sampai meresap dan kental, lalu tambahkan susu kental manis. Aduk rata dan sisihkan.
4. Kulit, campur kentang kukus, susu bubuk, margarine, garam, pala dan merica, aduk rata.
5. Tuang setengah bagian kentang di dasar cetakan alumunium (aku pakai yang berbentuk oval sedang), yang sudah dioles margarine.
6. Tuang isi. Tutup kembali dengan kentang. Ratakan.
7. Oles kuning telur, tabur keju.
8. Oven dengan api bawah dengan suhu 180 derajat, selama 30 menit, sampai  atasnya berwarna kecoklatan.


Note :
1. Dengan resep di atas, aku dapat 3 loyang alumunium oval sedang.
2. Rasanya menurutku cukup enak, dan gurih, apalagi jika dimakan hangat-hangat dengan saus sambal.
3. Buat aku yang menjadi masalah adalah bau kacang polongnya. Ternyata aku kurang suka, buatku bau langunya keras banget. One day kalo aku mau buat lagi resep ini, kayanya kacang polongnya mesti aku skip....


Tips :
Menghaluskan kentang, harus dilakukan saat kentang masih panas. (supaya lebih mudah menghaluskannya).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar