TOKO KUE ONLINE


Kamis, 21 Maret 2013

NASTAR

Cookies klasik yang biasanya ada saat hari raya, bisa Idul Fitri ataupun Natal.
Beberapa kali Lebaran dan Natal, aku bikin cookies toplesan yang aku jual pada kenalanku atau kenalan saudaraku.
Tahun lalu aku nemu resep Nastar NCC, yang katanya oke banget, aku coba... dan ternyata memang woookeeee!!!
Nastar ini renyah banget...dan rasa nanasnya yang asam manis, membuatnya disukai banyak orang.
Buat teman teman yang pengen makan kue ini tapi malas bikin, bisa pesan sama aku ya....he...he...(sambil menyelam minum air ya....)

Ini resepnya ya

Bahan :

250   gr   Margarine
250   gr   Mentega
100   gr   Gula halus
1/2  sdt   Garam
1/2  sdt   Vanili bubuk
   4   bt   Kuning Telur
700   gr   Terigu Protein Sedang  )
  60   gr   Susu bubuk                )  Ayak dan aduk rata

Isi :

Selai nanas siap pakai

Olesan :

2   bt   Kuning Telur

Cara membuatnya :

1. Kocok margarine, mentega, garam, vanili dan gula halus sampai rata (tidak perlu sampai mengembang.
2. Masukkan kuning telur, kocok rata.
3. Masukkan campuran terigu dan susu bubuk, dalam beberapa tahap, aduk rata, dengan menggunakan spatula.
4. Bentuk dan isi selai nanas.
5. Panggang di loyang yang sudah dioles tipis margarine, dengan suhu 150 derajat sampai matang (kalo oven ku sekitar 45 menitan, sampai nastar berwarna kuning keemasan)


TIPS :
1. Mengaduk campuran terigu, dengan adonan margarine sebaiknya memakai spatula, jangan menggunakan tangan, karena suhu panas tangan akan membuat adonan menjadi berminyak, sehingga membuat nastar menjadi keras.
2. Mengaduk jangan terlalu lama, tapi dipastikan kita mengaduknya hingga rata.
3.Kalau aku, sebelum dibentuk adonan aku masukkan dulu ke kulkas, supaya adonan tidak berminyak saat aku bentuk.
4. Selai nanas sebelumnya sudah aku bentuk bulat-bulat lebih dulu, untuk memudahkan dan mempercepat dalam membentuk adonan.
5. Ada juga buku yang menyarankan kita mengoles kuning telur, jika kita sudah panggang adonan setengah matang, lalu kita keluarkan dari oven, dinginkan, baru dioles kuning telur, kelebihannya adalah bentuk nastar menjadi lebih cantik karena tidak retak.
Aku pernah coba cara ini, tapi jadi lebih lama, karena harus tunggu dingin dulu, jadi akhirnya aku pakai cara biasa aja yaitu dioles sebelum dipanggang.

Note :
Aku masih perlu belajar melancarkan membentuk adonan nastar ini, supaya bisa lebih cepat dan mahir lagi.
Fotonya aku susulin nanti ya...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar