TOKO KUE ONLINE


Senin, 07 April 2014

LEMPER AYAM

Lama ga posting...
Rebutan komputer ama Joshua dan Joel...biasa..emaknya ngalah...ga kebagian..
Pas ada waktu mau posting...eh...quota nya habis...ngga bisa internetan.....weleh weleh...
Lama pengen nyoba bikin lemper ayam...googling...nyari sana sini...
akhirnya dapet resepnya...nyoba ampe 3 kali...
Yang pertama..karena ketannya ditanak dengan sedikit air...jadinya keras...padahal kalau buat aku...aku suka lemper yang ketannya lembut...jadi rasanya 'menyatu' dengan isinya...
Yang kedua tambah airnya plus tambah waktu merendam ketan...haaa...dapet lembutnya..tapi kog kurang rasa ya di ketannya.
Yang ketiga, tambahin daun jeruk di ketannya... hmmmm... sempurna... nyambung....dan enak....
Karena kemarin aku ngambil resep comot sana sini...wah sampe lupa ambil resepnya dari mana....maaf ya.
Yang terakhir aku bikin 3 resep sekalian, karena mau bawa ke gereja. Dan biasa...ga sempat photo karena dibawa pagi-pagi...
1 resep jadi sekitar 25 buah, dan tiap 1 lemper berat ketannya kira-kira 25-30 gr an.


Ini resepnya :

Resep Isi :
1/4 kg daging dada ayam, rebus, iris halus
1 lbr daun salam 
1 btg sereh, memarkan
3 lbr daun jeruk
100 cc Santan kental.

Bumbu halus :
3 siung Bawang Putih
2 bh Kemiri, sangrai
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt jinten ( aku ga pake)
Gula Pasir secukupnya
Garam secukupnya

cara membuatnya :
1. Tumis bumbu halus, lalu tambahkan salam, serai dan daun jeruk sampai harum.
2. Masukkan santan kental, aduk sebentar, masukkan ayam rebus
3. Tambahkan garam dan gula.
4. Masak terus hingga santan mengering. ( Pastikan santan mengering supaya isi tidak cepat basi)



 
Resep Kulit :

500 gr ketan, rendam selam 6 jam, lalu kukus selama 20 menit.
350 ml Santan (100 ml santan kental ditambah 250 ml air, aduk rata)
1 sdt Garam
2 lbr Daun Pandan
2 lbr Daun Jeruk
Daun pisang untuk membungkus.

cara membuatnya :
1. Rebus santan, garam, daun pandan dan daun jeruk hingga mendidih.
2. Matikan api, lalu masukkan beran ketan, aduk hingga santan meresap.
3. Kukus ketan selama 20 menit.

 
Penyelesaian :

1. Saat panas, ambil ketan sebanyak 30 gr,   lalu remas sedikit, supaya ketan menjadi lembut,  lalu beri isi ayam suwir, bentuk lonjong.
2. Bungkus dengan daun pisang.
3. Sajikan.

 
Catatan :

1.Karena kemarin kulitnya pakai daun jeruk, warna ketannya jadi agak sedikit kusam gitu...jadi nggak putih banget...cuma rasanya enak..
2.  Manajemen waktu pembuatan lemper.
Karena kemarin lemper mau dibawa sabtu pagi sekali, jadi aku nyiapin lemper hari jumat. Setelah lemper di bentuk, aku nggak bungkus pake daun pisang, tapi aku masukin wadah plastik dan aku masukkan ke kulkas.
Besok pagi saat mau dibawa, lemper aku kukus lagi, baru aku bungkus dengan daun pisang, supaya daun pisang tetap segar.
Meskipun di hari jumat, daunnya udah aku potongin sesuai ukuran, tetep makan waktu juga untuk bungkus lemper ini....belum biasa kali ya...pertama bikin langsung bungkus 75 bh...cukup keteteran....he..he..Padahal lempernya cuma digulung daun pisang, terus luarnya di lapis dengan kertas roti, supaya bisa diselotip....tapi tetep aja lama....
Dari hasil googling NCC, katanya lemper bisa juga langsung dibungkus daun pisang, lalu masuk kulkas. Dan saat akan dibawa, kita bakar lempernya, dengan menggunakan wajan yang sudah dioles sedikit minyak, jadinya lemper bakar...tapi yang ini belum aku coba.
3. Dengan menjaga kebersihan selama membentuk lemper (pakai sarung tangan plastik), dan juga mungkin karena pemakaian santan instan, maka lemper tahan sampai 3 hari di kulkas.

Selamat mencoba...

1 komentar:

  1. Lemper jawa yg dikukus bersama daun pisangnya mungkin lb pas utk pagi2,jd dibw bisa masih hangat.

    BalasHapus