TOKO KUE ONLINE


Sabtu, 02 Februari 2013

LAPIS SURABAYA




Ini adalah cake, yang membuat aku tertarik untuk belajar bikin kue.
Dari dulu ga pernah kepikiran buat bikin cake.
Dulu waktu aku kecil, kalau Natal,mamaku suka dapat kiriman cake dari temannya, ya Lapis Surabaya ini.
Wah aku seneng banget, karena menurut aku rasanya enaaaak banget.
Pas udah punya anak, eh tiba-tiba aku kangen makan cake ini lagi, terus coba cari ke toko kue, beli 1 slice, eh...kog rasanya nggak istimewa, nggak kerasa rhumnya, (aku suka banget aromanya), rasa coklatnya ga kerasa, hhhh, jadi kesel.Cari tempat lain, sama aja.
Setelah itu, pas baca koran, lihat ada kursus membuat Lapis Malang,dan beberapa lapis lainnya. Langsung aku ikut kursusnya.Kayanya gampang. He...he... sok    PD ...
Beli oven listrik kecil, bahan dan alat-alat dengan semangat 45 !
Besoknya langsung praktek, dan hasilnya ......GAGAL TOTAL.....sodara-sodara...
Padahal pagi2, sebelum suami berangkat kerja, udah pesen kalo nanti sore kita makan kue Lapis Surabaya....he he PD abissss.
Oven ga panas, adonan terlalu mengembang ampe encer, telur 27 butir....plus bahan bahan lain.....masuk tong sampah...! Setelah perjalanan panjang, cari-cari resep sana sini... akhirnya aku nemu resepnya  SEDAP.
yang menurut aku cukup oke, cakenya lembut, tapi sedikit kurang manis,jadi aku tambahin gulanya sedikit. Kue ini menurut aku oke banget karena ada selai strawberry ditambah buah prune yang membuat kue ini menjadi spesial.





Resepnya :
Bahan 1 : (adonan kuning)
20   bh   Kuning Telur
 2    bh   Putih Telur
  1   sdt  emulsifier (tambahan)
180  gr   Gula Pasir Halus
1/2  sdt  vanili bubuk (tambahan-supaya harum)
  80  gr   Terigu Protein Sedang
 20   gr   Maezena
 20   gr  Susu Bubuk
100  gr  Margarine
125  gr  Mentega
   2  sdm Susu Kental Manis

Bahan 2 : (adonan coklat)
10   bh   Kuning Telur
  1   bh   Putih Telur
100  gr   Gula Pasir
 1/2 sdt  emulsifier (tambahan)
1/4 sdt   Vanili bubuk (tambahan)
  30  gr   Terigu Protein Sedang
  25  gr   Coklat Bubuk
  10  gr   Susu Bubuk
1/4  sdt  Baking Powder 
 50   gr   Margarine
 75   gr   Mentega
   1  sdm Susu Kental Manis
1/2  sdt Coklat Pasta
   1  sdt Rhum (optional)
100  gr  Selai Strawberry
125  gr  Buah Prune (belah 2, lalu rendam dalam 2 sdt rhum)

Cara membuat :
1. Bahan 1 : margarine dan mentega sampai lembut, lalu tambahkan susu kental manis, kocok rata.
2. Kocok telur dan gula pasir, vanili bubuk dan emulsifier sampai mengembang, lalu masukkan terigu, maezena dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata.
3. Tuang kocokan margarine sedikit-sedikit sambil diaduk  perlahan.
4. Tuang ke 2 buah loyang, uk. 22X22X4, yang sudah dioles margarine dan dialas kertas roti.
5. Oven dengan api bawah dengan suhu sekitar 180 derajat sampai matang, (sekitar 20 -25 menit). Lakukan test tusuk.
6. Bahan 2, buat dengan cara yang sama dengan di atas, untuk satu loyang.
Buang lapisan kulit atasnya.
7. Ambil sehelai cake kuning. Oleskan selai strawberry. Tata buah prune diatasnya. Tutup dengan cake coklat, oles lagi dengan selai strawberry, tata buah prune diatasnya. Tutup lagi dengan cake kuning. Padatkan.
Sebagai hiasan tata lagi diatas kuenya.













Note : 
Cake ini aku buat untuk salah satu teman gereja namanya Ci Wawa, yang berulang tahun, tapi aku tapi aku nggak bisa hadir ke acara syukurannya, jadi aku titip kue aja. Semoga panjang umur dan Tuhan berkati ya ci....
Base cake diatas adalah lapis surabaya, yang aku buat dengan 1/2 resep diatas, karena pakai loyang dengan diameter 18.Olesan buttercream dan dihias dengan strawberry segar dan jeruk mandarin kaleng, lalu dioles jelly putih supaya mengkilap.

                                +++++++++++++++++

 
23 Desember 2013

Resepnya sama dengan yang di atas ya.....menteganya aku pake wysman...

 

 
 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar