TOKO KUE ONLINE


Selasa, 12 Februari 2013

MACARONI SCHOTEL

Resep ini aku dapat setelah aku googling berkali-kali.
Pengen bikin macaroni schotel, tapi pengen yang enak.
Lihat bahan-bahan dalam resep ini kog kayanya oke, karena pake banyak keju... aku sukkaaa banget keju...
Seperti biasa...fotonya nyusul...dulu waktu aku bikin ga kepikiran mau di dokumentasikan  alasannya : malas ambil kamera !!!...pas mau bikin blog....eh...nyesel banget kenapa dulu ga  nyempetin foto .....yah...sudahlah...nasi udah jadi bubur...
Mulai sekarang, ga boleh males lagi.....SEMANGAT !!!

Nah ini resepnya :

Bahan :

250   gr   Macaroni, rebus, angkat, beri 1 sdm minyak supaya ngga nempel.
200   gr   Cheddar Cheese, potong kotak
  1  klg    Kornet  (aku pake yang 198 gr) atau daging sapi giling.
100   gr   Daging Asap.


Bumbu :
  1   bh     Bawang Bombay
  2  siung  Bawang putih
               Margarine secukupnya.
  2   sdt    Kaldu Sapi                                         
               Gula Pasir secukupnya
               Merica
               Pala
               Penyedap (kalo suka)


Aduk Rata campuran susu

600   ml   Susu cair 
    6   bt   Telur

Topping

  1   sdm   Margarine
  2   sdm   Tepung Terigu
250   ml    Susu Cair
               Garam secukupnya
               Merica secukupnya
100   gr    Keju Parut


Banyak ya bahannya....


Sekarang cara membuatnya :

1. Panaskan kukusan.
2. Tumis bawang bombay, bawang putih dengan margarine, lalu masukkan kornet atau daging sapi, tumis sampai matang, sisihkan.
3. Masukkan macaroni ke campuran susu.
4. Beri merica, pala,gula pasir dan kaldu bubuk, lalu coba..jika ada yang kurang tambahkan bumbu, sampai rasanya pas..
5. Masukkan tumisan daging, aduk rata.
6. Masukkan keju, aduk rata.
7. Tuang ke alumunium foil kecil,  kukus selama 15 menit.
    (jika memakai wadah yang lebih besar, mengukusnya bisa lebih lama, pastikan adonan sudah padat), angkat.

8. Siapkan topping.
-   Lelehkan margarine
-   Masukkan terigu, aduk cepat sampat tidak menggumpal
-   Tambahkan susu, aduk rata
-   Tambahkan garam dan merica secukupnya.
-   Sisihkan.

9.  Tuang topping diatas macaroni kukus, taburkan keju parut.
10. Panggang sampai bagian atasnya berwarna kecoklatan.
11. Hias dengan daun parsley segar.


Menurut aku resep ini enak banget.

Note :

Pertama kali bikin aku pake kadu sapi, wah rasanya oke banget. Nah, waktu bikin kedua kali, aku bikin pake kaldu ayam, karena waktu itu kaldu sapinya habis...wah ternyata jauh banget rasanya, nggak enak...jadi sebaiknya kita pake kaldu sapi, karena rasanya lebih pas.

Keju nggak aku parut, karena kalo dipotong kotak rasa kejunya lebih kerasa.

                               ++++++++++++++++++

Sabtu, 10/3/2013 kemarin aku lagi pengen makan makaroni, jadi aku bikin, tapi cuma setengah resep aja, dan aku pakai wadah yang sedang.
Hasilnya lembuuut banget,gurih, yummy pokoknya, apalagi dimakan saat hangat.
Dan makaroni aku kasih sama Joel, 4 th, anak ku yang nomor 2, dan ternyata dia suka banget, padahal biasanya dia pemilih banget kalo soal makanan. 
Ini penampakannya....








      

                             +++++++++++++++++++++++++

Tanggal 11 Mei 2013, aku bawa macaroni schotel ke gereja. Aku bikin 2 resep, cuma di cup-cup yang kecil.
Ini fotonya, dengan cahaya seadanya, karena akan aku bawa sebelum jam 6 pagi ini.




Dari kemarin sore, nyari-nyari daun parsley buat hiasan di Super Indo, eh...nggak ada.
Jadi pas detik-detik terakhir, buka-buka kulkas, dan nemu daun seledri...maksa banget ya.... abis kog kayanya polos banget.
Maski warnanya jadi hijau muda, ya...lumayan lah, nggak terlalu pucat, karena ada kombinasi warna.
Macaroni yang aku bikin sekarang rasanya pas, merica, pala bubuknya, semua kerasa.
Deuh...muji diri sendiri ya.
Cuma macaroni setelah diberi topping, aku langsung panggang tanpa ku tabur keju. Setelah matang dan diangkat dari oven, baru aku tabur kejunya, maksud hati supaya kejunya nggak kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar