TOKO KUE ONLINE


Minggu, 03 Februari 2013

BROWNIES KUKUS

Resep ini menurut aku oke. Ga terlalu ribet bikinnya.
Udah beberapa kali aku bikin kue ini, cuma nggak aku dokumentasikan.
Beberapa kali untuk konsumsi acara di gereja. Rasanya nyoklaaaat banget.
Resepnya aku lihat dari NCC.

Sekarang aku posting dulu resepnya ya, nanti kalau aku bikin lagi, fotonya nyusul...

Nah ini resepnya  :

Bahan :

A.   6   bt   Telur
   200   gr   Gula Pasir
    10    gr  Emulsifier
   1/2  sdt  Garam         

B.  40  gr   Coklat Bubuk               }          
    150  gr  Terigu Protein Sedang   }  ayak
    1/2  sdt Vanili                          }         

C  150  gr  Margarin atau mentega  (lelehkan)
    100  gr  Dark Cooking Chocolate  (lelehkan)
    1/2  sdt Pasta Black Forrest

Filling :
    100  gr  Meses


Cara membuat :

1. Panaskan kukusan.
2. Kocok bahan A sampai mengembang.
3. Masukkan bahan B, sedikit sedikit, kocok rata (di mixer gunakan speed 1).
4. Masukan bahan C, sedikit sedikit, aduk perlahan sampai rata dengan spatula.
5. Bagi 2 adonan.
6. Masukkan 1 bagian adonan ke loyang ukuran 22X22X7, yang sudah dioles margarine dan dialas kertas roti.
7. Kukus selama 15 menit.
8. Buka kukusan, tabur meses dan tuang sisa adonan ke dalam loyang.
9 Kukus kembali selama kira-kira 25 menit. 
10. Lakukan test tusuk, dan angkat jika sudah matang.


Tips : 
1. Pastikan Bahan B diayak, karena bubuk coklat biasanya banyak butiran-buturannya. Hal ini bisa menyebabkan adonan menjadi tidak rata.
2. Pastikan kukusan sudah panas saat memasukkan loyang berisi adonan.
3. Lelehkan Margarine dan coklat biasanya aku lakukan dengan cara di tim.
Gini caranya :
- Letakkan panci berisi air di atas kompor dengan api kecil.
- Di atas panci letakkan mangkuk yang lebih besar dari panci, masukkan margarine. Pastikan tidak ada tetesan air yang masuk.
- Jika margarine sudah meleleh, matikan api, lalu masukkan Dark Chocolate yang sudah dipotong kecil kecil. Aduk-aduk sampai coklat meleleh.
- Setelah hangat kuku, baru masukkan pasta Black Forrest, aduk rata. Nah, adonan ini siap untuk dicampurkan ke adonan tepung.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar