TOKO KUE ONLINE


Selasa, 19 Februari 2013

QUICHE LORRAINE

Penasaran banget ama snack ini!
Kebayang kayanya gurih, karena pake susu, keju, jamur, ham dan bayam.
Akhirnya hari ini aku coba bikin snack ini.
Dari pagi, nyoba bikin kulit, yang resepnya aku pikir oke punya, tapi ternyata ketika aku panggang kulitnya... eh...melorot ampe hampir setengahnya.
Kenapa ya melorot...padahal ada adonan kulit yang aku cetak di loyang tanpa di oles margarine lebih dulu, tapi tetep melorot.
Cari tahu..googling lagi...ternyata katanya kulit bisa melorot kalo adonannya terlalu banyak cairannya atau terlalu basah, juga kalo kebanyakan oles margarine di cetakan pienya juga, bakalan bikin kulitnya melorot saat dipanggang.
Terus akhirnya nemu resep Mbak Hesti, kayanya kulitnya nggak terlalu banyak pake kuning telur dan air, ya udah akhirnya nyontek resep mbak Hesti. Mula-mula khawatir juga sih, apa kulitnya ini akan renyah nggak, karena pake sedikit air, dan cuma 1 kuning telur, ternyata .....renyah kog.
Mengenai isinya aku modif juga, ambil dari beberapa resep.






Nah ini resepnya :

KULIT

200   gr   Terigu Serbaguna
100   gr   Margarine/Mentega
1/4  sdt   Garam
   1   bh   Kuning Telur
1-3  sdm  Air Es






ISI

  1   bh   Bawang Bombay
  2   bh   Sosis atau Daging Asap, iris tipis-tipis.
50   gr    Bayam, rebus, peras airnya lalu potong-potong
50   gr    Jamur kaleng, potong-potong.
             Sdikit minyak untuk menumis

SAUS

150   ml   Susu Cair
   3   bt    Telur
               Pala bubuk
               Garam
               Merica
               Kaldu Bubuk (jika suka)

TOPPING

100   gr    Keju Cheddar, parut


Cara membuat :

1. Kulit, Aduk terigu, mentega, dan telur dan garam, campurkan dengan teknik chopping (mentega potong dangan spatula), setelah agak tercampur, remas ringan dengan tangan sampai adonan berbutir, lalu tuangi air es sedikit demi sedikit, uleni, bulatkan.
2. Gilas, cetak dalam cetakan pie.(kalo aku cetakannya ga aku olesin margarine lagi).
3. Tusuk-tusuk bagian bawah cetakan dengan garpu.
4. Panggang selama 15 menit dengan suhu 180 derajat celcius.
5. Isi : tumis bawang bombay sampai harum, masukkan sosis/ham, jamur, masak sampai matang.
6. Saus :Kocok lepas telur, lalu masukkan susu cair sedikit-sedikit, beri merica, garam dam pala bubuk, (kalau aku ditambah kaldu bubuk) lalu kita coba, sampai rasanya pas.
7. Angkat kulit pie setengah matang, lalu isi dengan bayam rebus, tumisan, dan, tuang dengan saus, lalu beri topping keju.
8. Panggang lagi sampai matang.












TIPS :
1. Pembuatan adonan kulit, diusahakan sesedikit mungkin mengaduk memakai tangan, karena bisa membuat kulit menjadi keras. Kalau aku, hanya untuk memastikan adonan tepung dan telurnya tercampur rata.
2. Saat memasukkan adonan ke cetakan, sebaiknya kita tidak menarik-narik adonan, jika ada bagian cetakan yang masih terbuka, sebaiknya tambahkan adonan baru, hingga cetakan tertutup semua.


Note :

Kemarin waktu bikin, aku ga pake pala bubuk, karena ga ada stock di rumah, terus sausnya juga kayanya kurang bumbu,jadi cenderung tawar. Kemarin aku masih ragu-ragu ngasih bumbu, karena kuatir nanti sausnya jadi asin banget setelah ditambah keju parut, tapi malah agak tawar.... hiks...
Ya, nanti kalo bikin lagi, pala bubuk itu mesti, dan ngasih bumbu di sausnya harus lebih berani.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar