TOKO KUE ONLINE


Rabu, 13 Februari 2013

RISOLES AMRIS


Snack asin satu ini banyak yang suka.
Resep ini sudah aku coba, dan ok banget.

Ini resepnya ya :

Bahan :

Kulit 

100   gr   Terigu Protein Sedang
1/2  sdt   Garam
300   ml   Susu Cair
  1    bt    Telur
  2   sdm  Minyak Goreng
              Margarine untuk olesan


Isi :

  4   lb   Daging Asap, potong kotak
  4   bt   Telur Rebus
100  gr   Keju Cheddar
             Mayonaise secukupnya

  1  bt    Telur, kocok lepas
1/2 kg    Minyak goreng
             Tepung panir secukupnya (aku pakai yang kasar)


Cara membuatnya :

1. Ayak terigu, taruh dalam mangkuk bersama garam. Buat lubang di tengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah.
2. Tambahkan susu sedikit demi sedikit, samapai adonan jadi licin dan kalis.
3. Masukkan minyak goreng, aduk rata.
4. Tutup adonan dengan plastik, diamkan selama 30 menit.
5. Olesi wajan diameter 18 dengan margarine, panaskan.
6. Tuang 1 sendok sayur adonan, ratakan sambil diputar, diamkan selama 2-3 menit, angkat.


Penyelesaian :

1. Bentang kulit, isi dengan smoke beef, potongan telur rebus, keju parut dan sedikit mayonaise.
2. Lipat seperti amplop, sisihkan.
3. Celup risoles ke telur kocok.
4. Gulingkan ke tepung panir.
5. Simpan di lemari es selama 1 jam
6. Goreng hingga kuning kecoklatan.
7. Sajikan dengan cabe rawit atau saus sambal.



                                       ================

Sabtu, tanggal 14 April 2013 kemarin, bikin lagi risoles ini, buat snack di gereja. Yang pertama kali bikin aku ga foto, baru sempat sekarang, jadi fotonya baru aku up load sekarang.
Dan ternyata emang banyak yang suka.


Ini adonan kulitnya :




Waktu membuat kulit




Ini kulit yang sudah dibuat, karena ga ada tempat, aku tumpuk. Karena pakai minyak kulit ini nggak nempel.




Risoles setelah dipanir, tapi belum masuk lemari es






Ini hasil akhirnya :






Tips :

1. Untuk menggoreng risoles beberapa kali, aku pakai 2 buah wajan.
Jadi ketika aku selesai menggoreng pertama kali, lalu minyak aku saring, lalu pindahkan minyak bersih ke wajan ke 2. Sementara aku menggoreng, aku bersihkan wajan ke 1 dari sisa panir yang menempel, demikian seterusnya sampai risoles habis.

2. Adonan kulit ga boleh terlalu tebal, karena bisa menyebabkan sobek saat mengisi dan melipatnya.



                     ++++++++++++++++++++++++

Setelah beberapa kali aku buat risoles, masalah kulitnya kog rasanya masih ketebalan,tapi memang adonan kulitnya emang agak kental (mungkin karena pakai susu semua).
Penasaran, lalu searching lagi.....terus dapat resep mbak Ine..., cairannya ga pakai susu tapi pakai air, terus hasil kulitnya tipis, elastis,dan ekonomis pastinya, juga masalah rasa, menurut aku oke. Aku juga ga perlu mengoles wajan, karena ga nempel.
Aku puas banget ama resep kulit risoles ini, makasih ya mbak ine...
Nah, ini resepnya :

Bahan :

125 gr Tepung Protein Tinggi ( aku pake protein sedang)
300 ml Air
1 bt Telur
1 sdm Minyak goreng (aku 2 sdm)
          Garam secukupnya
1/4 sdt Baking Powder


Cara membuat :


1. Ayak terigu, taruh dalam mangkuk bersama garam dan baking powder. Buat lubang di tengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah. (aku pakai whisk).
2. Tambahkan air sedikit demi sedikit, sampai adonan jadi licin dan kalis.
3. Masukkan minyak goreng, aduk rata.
4. Tutup adonan dengan plastik, diamkan selama 30 menit.
6. Tuang 1 sendok sayur adonan, ratakan sambil diputar, diamkan selama 2-3 menit, angkat.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar