TOKO KUE ONLINE


Senin, 08 April 2013

KLAPERTAART

Jenis desert ini, aku suka banget, udah googling juga dari lama, tapi belum kesampean.
Karena mesti nyari tukang kelapa, hhh..males banget.
Tapi tanggal 5 April kemarin, ada moment spesial, karena keponakan aku akan lamaran, jadi aku dan keluarga mesti ke Jakarta mendukung ponakan aku itu.
Ah, kebetulan, kakak-kakak ku penyuka klapertart juga, jadi semangat buat bikin desert ini.
Desert ini aku bikin bukan buat acara lamarannya sih, cuma buat snack saat kami ngumpul-ngumpul setelah acara lamaran.
Aku bikin Klapertart Wilton, dengan sedikit modifikasi, cuma ada bahan yang aku skip, karena aku ga punya bahannya, yaitu custard, dan aku ganti dengan sebagian dengan terigu dan sebagian dengan maezena.
Klapertart ini mestinya pake topping putel, tapi kemarin aku bikin ga pake topping, karena aku baru mulai bikin klapertart ini jam 10 malam, tahu-tahu pas lagi bikin adonan, suami aku bangun, dan suamiku agak kesel, karena aku masih bikin kue ampe malam, padahal besok paginya, sekitar jam 4 pagi, aku mesti udah bangun lagi, nyiapin segala macam buat berangkat ke Jakarta jam 5 pagi, weleh-weleh...suamiku, cuma kuatir, aku sakit kalo kecapean, padahal besoknya dari pagi-pagi buta jadwalnya udah padet banget, ya udah cari cepatnya...ga usah pake topping, karena kebayang mesti mixer lagi putelnya, ribut banget, panggang lagi... lebih baik ga usah deh...
Akhirnya selesainya jam 12 an, masukin kulkas, cepet-cepet tidur, dan bangun lagi jam 4 pagi, buat persiapan pergi ke Jakarta.
Bersyukur sampai saat ini aku sehat walafiat, ke Jakarta lancar ampe pulang lagi ke Bandung.
Ini cerita dibalik pembuatan Klapertart ku

Nah Ini penampakannya :





Nah ini resepnya :

1000 ml Susu Cair.
200 gr Gula Pasir
50 gr Terigu   
50 gr Custard    )karena ga ada aku ganti pake 25 gr terigu dan 25 gr maezena
50 gr Maezena
150 gr Mentega/Margarine
6 bt Kuning Telur
2 bh Kelapa Muda kerok( aku pake 4 btr kelapa)
100 gr Kenari Panggang
Kayu Manis bubuk (aku ga campurkan di adonan, cuma buat topping aja)
Rhum secukupnya (aku pake rhum bakar)

Topping :
6 bt Putih Telur
4 sdm Gula Pasir
Kismis, rendam, peras, lalu ciprati dengan rhum
100 gr Almond panggang

Cara membuat :
1. Didihkan 700 ml susu cair dan gula, aduk rata.
2. Larutkan tepung terigu, maezena dan custard dengan 300 ml susu, sisihkan.(kalau aku, larutan ini disaring lagi memastikan semuanya tercampur rata)
3. Masukan larutan tepung sedikit demi sedikit ke larutan susu, sambil terus diaduk (aku pake whisk), sampai rata.
4. Angkat.
5. Tambahkan mentega, aduk rata.
6. Tambahkan kenari panggang dan bubuk kayu manis
7. Tambahkan kuning telur satu persatu, sambil terus diaduk hingga rata.
8. Masukkan kelapa muda, aduk rata.Tambahkan rhum.
9. Tuang ke cup kecil (alumunium foil), 3/4 tingginya.
10. Panggang dengan cara au bain marie, dengan suhu 160 derajat selama 15 menit, sampai setengah matang.
11. Topping, kocok putih telur sampai berbusa, lalu masukkan gula pasir sedikit demi sedikit, kocok sampai putih telur mengembang.
12. Lalu tambahkan terigu, aduk rata.
13. Semprot bahan topping ke atas adonan, lalu tabur kismis,almond panggang, dan kayu manis.
14. Panggang lagi sampai permukaan berwarna kekuningan.


Tips : 
1. Yang aku baca dari mbak hanna,mengaduk adonan klapertart harus satu arah, dan diaduk sampai ke dasarnya, supaya adonan tidak gosong.
2. Mengenai kuning telur, di satu wadah, aku kocok pake garpu dulu, lalu aku tuang sedikit adonan susu ke wadah ini sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk sampai rata, baru campuran ini aku masukan ke adonan susu.

Catatan :
1. Kamarin karena kurang konsentrasi memanggangnya, ternyata suhu aku kerendahan, paling sekitar 130-140 derajat, jadi waktu panggangnya lama dan klapertart aku kemarin agak kering.
2. Dan mungkin karena aku nggak pake custard, dan salah suhu panggangnya, kog rasanya jadi kurang lembut dan cenderung padat, ga meleleh di mulut, seingatku dulu pernah beli, kog rasanya, lembut dan yummy banget, tapi lupa-lupa ingat.
Wah, kalo gini mesti belajar lagi deh bikin klapertart, dan mesti beli lagi Klapertart Bandung, buat bandingin rasanya lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar