TOKO KUE ONLINE


Senin, 08 April 2013

JAPANESE CHEESE CAKE (SUSU)

Mundur maju, mau bikin cake ini, ya loyangnya, ya bahannya (cukup mahal-cream cheesenya, whip krim), dan  kata orang ribetnya, karena suhu ga boleh terlalu  panas, karena nanti cakenya menggelembung. Jadi kalo gagal, gimanaaa gitu, padahal bahannya mahal)
Satu kali, jalan-jalan ke blognya mbak Hesti, ada yang tanya kalo JCC, whip krimnya bisa diganti pake susu biasa ga, supaya bisa menekan cost-nya), dan mbak Hesti, menunjukkan ke blognya mbak ricke-ordinary kitchen, karena mbak ricke, punya resep JCC yang pakai susu.
Jadi ikutan semangat, buat nyoba.
Akhirnya setelah membulatkan tekad, eksekusi dimulai hari selasa malam kemarin,  cie...sampe segitunya...



Bahan-bahannya :
60 gr  Terigu
20 gr  Maezena
50 gr  Butter
250 gr Cream Cheese ( aku pake cheese spread)
100 ml Susu Cair
6 bt  Kuning Telur
2 sdt Parutan kulit Jeruk Lemon
6 bt Putih Telur
140 gr Gula Pasir
1/4 sdt Garam
1 sdm Air Jeruk Lemon

Olesan :
 50 gr Selai Aprikot    )  campurkan, aduk rata
3 sdm Air                  )

Cara membuat :
1. Siapkan loyang 20 atau 22 (bongkar pasang), Alasi dengan kertas roti, dan oles mentega, sisihkan.
2. Panaskan oven 150 derajat celcius.
3. Campur, terigu dan maezena, lalu ayak, sisihkan.
4. Panaskan cream cheese, susu cair dan butter, sampai cair dan tercampur rata (tidak usah sampai mendidih).
5. Masukan campuran tepung, sedikit demi sedikit, aduk rata (aku pake whisk).
6. Tambahkan kuning telur satu persatu, aduk rata.
7. Masukkan parutan kulit jeruk lemon, aduk rata.
8. Kocok putih telur sampai berbusa, lalu tambahkan gula sedikit demi sedikit, garam dan air jeruk lemon, kocok hingga mengembang (soft peak).
9. Tuang 1/3 bagian putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata pakai spatula.
10. Tuang campuran di atas ke adonan putih telur, aduk rata.
11. Tuang ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, selama 75 menit sampai bagian atasnya berwarna kecoklatan.
12. Buk oven, matikan api, dan biarkan sampai dingin.
13. Jika sudah dingin, keluarkan dari loyang, kelupas kertas roti, lalu oles dengan selai aprikot.


Note :
1. Suhu harus dijaga, kemarin aku manggang pake otang, jadi bolak balik jagain suhu, kalo-kalo suhunya terlalu panas, karena itu yang akan buat cake jadi menggelembung.
2. Karena aku pake cheese spread, rasa kejunya kog jadi kuat banget, dan buat aku jadi 'blenek' banget. Sepertinya lain kali kalo bikin lagi mesti pake cream cheese, mungkin rasanya akan lebih soft, tapi cakenya sih lembab, dan lembut banget.
3. Kemarin manggang cake nya aku nggak pake loyang bongkar pasang, karena harus dipanggang dengan cara au bain marie, ternyata airnya masuk ke loyang, lalu aku cari alumunium foil buat bungkus loyangnya, ehh ternyata habis, ya udah pake loyang ukuran 20x20.
4. Cake mengembang saat dipanggang, tapi setelah didinginkan, cake menyusut.
5. Karena aku pake loyang biasa, nah ada masalah saat mengeluarkan cake dari loyang, aku mesti balik cakenya, kelupas kertas rotinya, lalu aku cepat-cepat balikkan lagi cakenya, tapi ternyata bagian atasnya ada sedikit yang terkelupas...jadi kurang cantik atasnya(karena biasanya kan mulus banget, apalagi setelah di oles selai aprikot)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar