TOKO KUE ONLINE


Rabu, 23 Januari 2013

SOES VLA

Kue ini juga aku suka banget.
Sus yang isiannya vla yang sudah diberi rhum... ehmmmm yummy...
aku dapat resepnya dari tabloid Kuliner beberapa tahun lalu.

Ini resepnya ya : 


KULIT


250   ml    Air/Susu

125   gr     Margarine
    2   sdm  Gula Pasir  -> aku ganti pake 1/4 sdt garam
 125   gr     Terigu Protein Tinggi / Sedang
      4 Btr     Telur


Cara Membuat :
  1. Rebus air, margarin, gula hingga memdidih.
  2. Tambahkan terigu, aduk rata, masak hingga kalis.
  3. Setelah uapnya hilang, kocok dengan mixer, lalu tambahkan telur satu persatu hingga menjadi adonan yang kental dan mengkilat.
  4. Oles loyang dengan margarin.
  5. Masukkan ke plastik segitiga, gunakan spuit bintang
  6. Panggang di oven dengan suhu 200 derajat sekitar 20 menit, lalu turunkan suhunya menjadi 170 derajat hingga matang atau setelah buih di sekitar kue menghilang. 
  7. Angkat, dan dinginkan.
  8. Belah sus 1/2 bagian.


VLA

500  ml     Susu UHT
  80   gr     GulaPasir
    2            Kuning Telur
  60   gr     Maezena
  1/4  sdt   Vanila  esence
     1  sdt  rhum    (optional)


Cara membuatnya :
  1. Campurkan susu, gula dan telur, aduk rata.
  2. Tambahkan maezena, aduk, lalu masak hingga mendidih dan kental.
  3. Tambahkan vanila esence, aduk rata, angkat, (Adonan terus diaduk-aduk supaya adonan fla halus... ** catatan)
  4. Jika uapnya sudah hilang, tambahkan rhum. (terus diaduk, sampai adonan hangat)
  5. Masukkan ke plastik segitiga, dinginkan di kulkas.
  6. Isi vla kedalam soes.


Note :
Untuk hiasan dan menambah rasa, bisa ditambahkan lelehan dark chocolate, yang di goreskan ke atas kue sus menggunakan plastik segitiga.


Tips :
  1.  Untuk mengetahui apakah adonan sudah kalis atau belum, pastikan adonan kulit  yang dimasak, sudah tidak menempel di panci.
  2.  Jangan membuka oven selama pemanggangan.


                        ++++++++++++++++++

**Catatan
Tanggal 25 Mei 2013, ini aku bikin kue ini lagi buat ke gereja.
Kali ini flanya, masih dengan resep diatas, cuma setelah banyak googling, dan baca tips dari Mbak Hesti dan mbak Ricke, bahwa kalo bikin fla, ketika fla sudah matang dan kita angkat, kita harus mengaduk fla terus menerus,supaya fla tidak berkulit, dan fla menjadi halus. Dan ternyata bener banget, fla yang aku bikin, bener-bener halus, tidak berkulit, dan lembut.
Tapi lumayan juga ngaduknya, cukup bikin pegel tangan, dan cukup lama karena adonan yang kental. Aku ngaduk dari adonan diangkat sampe adonan menjadi hangat. .Pfhh....Tapi itu sesuailah dengan hasil yang didapat.
Pantesan waktu aku baca dari tabloid kuliner diatas, dibilang bahwa yang lama itu bikin flanya, tapi disitu nggak dibilang kalo mesti diaduk terus. Bingung aja sendiri.
Berkali-kali aku bikin fla, begitu matang, fla aku angkat, terus aku biarkan dingin, tanpa diaduk, nah hasilnya udah bisa ditebak, agak bergumpal terus berkulit. Soal rasa sih oke, tapi tekstur kog beda sama sus yang suka aku beli di Kartika Sari. Aku pikir yang membuat beda ini adalah resep yang digunakan. Coba cari resep sana sini, tapi ternyata yang lain juga kurang lebih sama dengan resep yang biasa aku bikin.Ternyata rahasianya ada pada : Pengadukannya, yang extra.

                  +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Tanggal 4 Juli 2013, bikin kue ini buat ci Wawa, tapi topping nya aku kasih coklat leleh ama hiasan coklat strawberry....



semoga berkenan ya.....
                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar