TOKO KUE ONLINE


Kamis, 21 November 2013

TIRAMISU




Cake dengan cream aroma kopi, ditambah dengan mascarpone Cheese dan Kahlua.
Resepnya aku ambil dari Mbak Ricke Ordinary Kitchen




Ini resepnya :

1 Sponge Cake Vanila atau Coklat, belah menjadi 3 bagian.
1 Bungkus Lady Finger


Esspresso Syrup
1 sdm Kopi Espresso Instant (aku pake 1 1/2 sdm nescafe kopi instant)
150 ml Air (aku buat 100 ml)
1/2 sdt Essence Coffee Noir/Kahlua/Rhum (aku pake Kahlua)
 1 sdm Gula Pasir

cara membuat :
1. Didihkan air, lalu masukkan kopi dan gula, aduk sampai larut. Matikan api.
2. Biarkan dingin, lalu masukkan kahlua, aduk rata.


Tiramisu Mouse
250 gr Mascarpone Cheese
1 sdt Essence Vanila
50 gr Gula Pasir Halus
250 ml Whip Cream

Cara membuat :
1. Kocok manual mascarpone cheese samapai lembut, asal jangan bergerindil-tidak usah lama-lama.
2. Kocok sampai dengan mengembang dan kaku whip cair dan gula.
3. lalu masukkan essence vanila dan 3 sdm espresso syrup. Kocok rata.
4. Campar whip cream dan mascarpone cheese sedikit demi sedikit (mixer dengan speed rendah)

Olesan
Chocolate Sread Nutela (aku ga pake)
Dark Cooking Chocolate, yang diserut halus.

Topping
Coklat Bubuk
Coklat hitam dan putih - diserut
Fresh Strawberry atau coklat Praline (terserah sesuai selera)

Penyelesaian :
1. Gunakan loyang Bongkar Pasang, letakkan cake di bagian dasar. (aku pake Uk. 20)
cat : ukuran cake lebih kecil dari ukuran diameter loyang bongpas-nya.
2. Basahi cake dengan espresso syrup.
3. Tata Lady Finger di bagian sisi ring.
4. Beri olesan nutela, kemudian 1/3 bangian tiramisu mouse, lalu beri DCC parut.
5. Tutup lagi dengan cake, lanjutkan sampai selesai, yang diakhiri dengan tiramisu mouse.
6. Diamkan minimal 4-5 jam di lemari  pendingin atau sampai dengan 24 jam.
7. Sebelum disajikan, ayak coklat bubuk, lalu beri taburan coklat putih dan hitam.
8. Hias sesuai selera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar