TOKO KUE ONLINE


Sabtu, 18 Mei 2013

PUDING TAPE KETAN HIJAU


 Tanggal 18 Mei kemarin, aku bikin puding tape ketan hijau ala mbak Hanna Naniek.
Ini kali kedua aku bikin. Rasanya gurih tapi segar karena ada tape ketannya.
Fotonya dengan cahaya yang seadanya, karena bikinnya sore, dan dibawa sebelum jam 6 pagi besoknya...




Ini resepnya :

2 bks Agar-Agar putih 7 gr
250 gr Gula Pasir
750 ml Santan kental (aku pake Sun Kara)
1100 ml Air
250 gr Tape ketan hijau (dibagi 2, satu bagian untuk dasar puding dan satu bagian lagi untuk topping)
1/4 sdt Garam 
Daun pandan secukupnya
Pandan pasta secukupnya

Cara membuat :
1. Campur dan aduk2 agar2 dengan air, santan, gula, garam, masak di atas api kecil hingga bergolak. Jika suka, bisa dibubuhi daun pandan yang sudah dicuci bersih dan diikat simpul (buang daun pandan setelah cairan puding matang dan bergolak).
2) Ambil 5 sdm cairan puding, campurkan ke tape ketan ijo. Ambil kira2 sebanyak 1 sdt, letakkan di dasar cetakan puding. Biarkan sampai agak beku.
3) Bagi dua sisa cairan puding, satu bagian biarkan putih, satu bagian lagi diberi pasta pandan. Catatan: tunggu sampai cairan puding sudah tidak beruap barulah kemudian diberi pasta pandan. Jika tidak aromanya akan berkurang.
4) Tuang cairan puding warna putih ke cetakan, tunggu sampai muncul lapisan agak kaku di permukaannya baru ditimpa dengan cairan puding warna hijau. Lakukan berulang kali hingga cetakan 3/4 penuh dan puding habis. Catatan: jika puding beku di panci, tambahkan 2-3 sdm air putih lalu panaskan kembali di atas api -- cukup asal hangat dan mencair saja.
5) Hias dengan sisa tape ketan ijo dan potongan daun pandan.





Note :
1. kemarin aku buat 3 lapisan, satu lapisan hanya agar putih ditambah dengan tape, lalu lapisan kedua aku pakai cairan puding santan putih, lalu yang ketiga cairan puding santan yang sudah kuberi pandan pasta.
Jadi untuk pembuatan lapisan kesatu (1/3 bagian), aku buat hanya rebusan agar-agar putih dan gula (tanpa santan) , lalu tape aku sendokkan ke cup puding,lalu aku siram dengan rebusan agar putih.Biarkan 1/2 membeku.
dan 2/3 bagian sisanya, aku buat seperti resep diatas, dimana 1/3 bagian puding santan aku biarkan putih dan 1/3 bagian sisanya aku tambahkan pasta pandan.
2. 1 resep jadi sekitar 15 cup


Tidak ada komentar:

Posting Komentar