TOKO KUE ONLINE


Minggu, 30 Juni 2013

SPONGE CAKE


 
Dua hari lalu aku akhirnya kesampean juga bikin sponge cake nya Yongki Gunawan.
Rencananya belajar, karena pengen coba bikin base cake buat di hias.
Begitu cake dah dibikin, dan mau coba dihias, eh nggak tahunya ada om yang tinggal di rumah, jatuh sakit dan mesti dirawat di rumah sakit. Wah kalo udah gini, enggak konsen lagi ngurusin kuenya, ya udah ditinggal aja. 
Baru hari ini keingeten kuenya, untung ga rusak, badan dah loyo banget rasanya, ya cape badan, ya cape pikiran, jadi akhirnya kuenya mau dibagi-bagi aja. Tapi masa cuma sponge cake aja...jadi ya..pagi-pagi, mumpung anak-anak masih tidur, cakenya aku oles buttercream terus taburin meses.....he...he...ga kreatif ya....
Yang penting rasanya jadi lebih lengkap lah....daripada cuma sponge cake nya aja.
Resep ini begitu banyak beredar di internet, dan aku jadi penasaran pengen tahu rasa cakenya.
Cake ini memang cocok buat jadi base cake...dan lembab. Nggak bikin eneg, dan memang pas kalo di tambah buttercream, ato ganace ato yang lainnya, rasanya jadi lebih lengkap gitu...
Kali ini aku bikin 1/2 resep aja di loyang diameter 16, dan adonannya aku bagi 2, satu bagian tetap warna kuning dan satu bagian lagi aku kasih pandan pasta.





Ini resep lengkapnya

10 bt Kuning telur
5 bt Putih Telur
10 gr Emulsifier
150 gr Gula Kastor
100 gr Terigu Protein Rendah
1 sdm Susu Bubuk
1 sdm Maezena

50 gr Hollman Butter   ) kemarin aku pakai margarine semua
50 gr Roombutter
50 gr Margarine
1 sdm Susu Kental Manis
1 sdt Pasta (Mocca, pandan, dll)

Cara membuat :
1. Kocok kuning telur, putih telur,dan gula hingga agak kental, lalu masukkan emulsifier, kocok hingga kental dan mengembang.
2. Masukkan terigu, maezena dan susu bubuk yang sudah diayak, aduk balik dengan spatula.Sisihkan.
3. Cairkan butter dan margarine (jangan sampai mendidih, supaya daya ikatnya tidak rusak), angkat dari api, tambahkan susu kental manis, aduk rata.
4. Tuang butter dan margarine cair ke adonan tepung, aduk balik hingga rata.
5. Bagi 2 atau sesuai jumlah layer yang diinginkan, tambahkan pasta sesuai selera. Tuang ke loyang 22 dengan tinggi 4 cm.
6. Panggang 18-20 menit, dengan suhu 175 derajat, hingga matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar